Rabu, 07 Maret 2012

Motif Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi

Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi adalah motif inovatif  yang semakin memperkaya kenekaragaman motif Batik Lasem. Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi juga menjadi bukti nyata betapa indahnya pembauran budaya Cina dan Jawa di Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Ide dasar motif Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi adalah stailisasi ornamen aneka ragam bunga, puspa, sekar, atau flower. Motif sekar jagad ini sudah mengakar dalam ranah seni batik. So, wajar jika eksistensi motif  sekar jagad begitu dominatif dalam keanekaragaman Batik Tulis Lasem.

Menyadari tidak mampu menisbikan motif sekar jagad, pembatik Batik Lasem selalu mengasah diri meningkatkan kreativitas untuk mendobrak stagnasi motif sekar jagad. Hasilnya? Salah satunya jadilah Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi.

Sigit Witjaksono (82 th) adalah kreator Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi. Pengerajin batik keturunan Cina ini memasukan unsur seni sinografi ke dalam Batik Lasem Sekar Jagad.

Stailisasi huruf-huruf Cina diharmonisasikan ke dalam stailisasi ornamen aneka bunga. Akumulasi stailisasi aneka sekar dan sinografi ini dipercantik dengan adonan kombinasi warna khas merah, biru/ungu, soga, hijau gasak, dan hitam. Jadilah, Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi yang indah mempesona.

Visi pesan Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi mudah dicerna, karena  motif ini tidak berkutat pada simbolisasi kaku dan multitafsir.

Sinografi berupa kalimat-kalimat mutiara atau pepatah arif Cina, mampu mempertegas pesan motif Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi, misalnya pesan tentang panjang umur, kesehatan, keselamatan, keberhasilan, persaudaraan, dan perdamaian.

Masyarakat pun merespon positif Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi.  Terbukti,  Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi kini menjadi salah satu batik yang sedang in. lasembatikart.com mencatat, permintaan terhadap Batik Lasem Sekar Jagad Sinografi terus meningkat. Informasi pemesanan batik lasem sekar jagad silahkan anda klik Sentra Batik Lasem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar